Blogger Template by Blogcrowds

Jejak Sejarah


Prasasti yang dibangun oleh para veteran tentara Jepang yang pernah menjadi tawanan perang di Pulau Galang

Suasana salah satu kampung di Sembulang

Salah satu sisa peninggalan Jepang ?..,tapi beda tahun...kalau Jepang kesini tahun 1945 tapi ini Truk Mitsubishi tahun 1995.. ( ha..ha..ha.. cuma becanda )

Pulau Galang sejak dulu telah terkenal di luar negeri. Pada masa tragedi kemanusiaan di Vietnam pada masa tahun 1970-an pulau galang menjadi salah satu camp penampungan warga Vietnam yang mencoba mencari suaka kenegara-negara lain dan mereka terkenal dengan nama manusia perahu.

Tapi jauh sebelum itu pulau Galang pun pernah menjadi pusat penampungan para tawanan tentara Jepang setelah berakhirnya Perang Dunia II yaitu pada tahun 1945-1946. Daerah Sembulang menjadi salah satu tempat penampungan tawanan perang tersebut.

Sebuah prasasti yang dibangun oleh para veteran tentara Jepang mangungkapkan bahwa pada tahun 1945-1946 sebanyak 112 ribu tawanan berada disini menunggu untuk dikembalikan ke negaranya.

Menurut masyarakat disini, dulu di sekitar pantai Sembulang ini terdapat sisa-sisa kapal laut Jepang yang karam, namun sekarang telah tak ada lagi, sudah di jarah oleh masyarakat dari luar Sembulang. Setiap tahun ada saja para veteran tentara Jepang berkunjung ke kampung ini untuk mengenang kembali masa-masa dulu.

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda