Blogger Template by Blogcrowds

1 May dan Pekerja



1 Mei dan pekerja adalah dua hal yang tak terpisahkan, karena pada tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Pekerja. Pekerja sendiri adalah Orang yang mengerahkan kemampuan tenaga dan pikirannya untuk mendapatkan imbalan/upah. Jadi selama dia mendapatkan gaji berarti dia seorang pekerja,walaupun dia seorang Direktur tetapi bukan yang memiliki perusahaan tersebut ia pun patut disebut pekerja.

Indonesia pada tahun 1920 juga mulai memperingati hari Buruh tanggal 1 Mei ini.Tapi sejak masa pemerintahan Orde Baru hari Buruh tidak lagi diperingati di Indonesia, dan sejak itu, 1 Mei bukan lagi merupakan hari libur untuk memperingati peranan buruh dalam masyarakat dan ekonomi. Ini disebabkan karena gerakan buruh dihubungkan dengan gerakan dan paham komunis.

Semasa Soeharto berkuasa, aksi untuk peringatan May Day masuk kategori aktivitas suversif, karena May Day selalu dikonotasikan dengan ideologi komunis. Konotasi ini jelas tidak pas, karena mayoritas negara-negara di dunia ini (yang sebagian besar menganut ideologi nonkomunis, bahkan juga yang menganut prinsip antikomunis), menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Labour Day dan menjadikannya sebagai hari libur nasional. Kapankah Pemerintah Indonesia Menetapkan Tanggal 1 Mei sebagai hari Libur Nasional guna menghargai para pekerja, jawabnya tanya rumput yang bergoyang.................................

Karena saya pun seorang pekerja jadi untuk para pekerja saya ucapkan :

"Selamat Hari Pekerja "

1 komentar:

Selamat hari buruh! Pekerja memang harus bersabar menerima nasib.

2 Juni 2008 pukul 14.57  

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda